About

Bertahun-tahun silam, seorangΒ salesman datang ke rumah saya di Cilacap, Jawa Tengah, untuk menawarkan satu set ensiklopedia kepada orangtua saya. Kedatangannya bertepatan dengan mulainya saya bisa bicara, dan pada saat itu, sepanjang pengetahuan saya, keluarga kami seharusnya tidaklah cukup besar atau mapan untuk bisa memiliki dua puluh buku tersebut. Namun, orangtua saya tetap membelinya untuk saya, dan sejak saat itu, saya mulai rajin membaca.

God bless their soul, reading is still one of the most favorite activities of mine right now.

Pada tahun 2013, saya mencoba, untuk pertama kalinya, menerbitkan sebuah buku. Saya sudah pernah menulis berkali-kali sebelumnya, novel dan cerpen, dan saya sudah beberapa kali ikut serta dalam NaNoWriMo, tapi pada tahun itu, sekembalinya saya dari Praktik Kerja Lapang, dan menghadapi semester terakhir, dengan dihantui pemikiran bahwa mungkin kesempatan saya menggeluti hobi di bidang kepenulisan ini akan segera berakhir, saya pun mencoba menerbitkan novel tersebut. Bots, itulah judulnya. Saya mencetak dalam jumlah sangat terbatas di percetakan dekat kampus, dan tidak disangka-sangka, semuanya habis dalam waktu singkat berkat adanya teman-teman yang sangat mendukung saya. Kini, Bots dapat dibaca dengan gratis di Wattpad.

Kesuksesan kecil tersebut mendorong saya untuk terus menulis. Pada tahun 2013 juga, sebuah cerpen berhasil saya masukkan ke dalam kumcer Kata Mitos. Pada awal tahun 2014, satu cerpen saya berhasil lolos masuk ke kumcer Cannaregio, Valentine Berdarah Mercurio, yang diterbitkan secara mayor oleh DivaPress dan masih bisa dibeli di sini. Puncaknya, naskah novel horor yang saya tulis, Spora, diterima, diterbitkan, dan didistribusikan oleh Moka Media ke berbagai toko buku dan situs belanja daring.

Selain menulis, kegiatan kecil-kecilan yang saya lakukan sejak masih duduk di bangku kuliah guna mendulang penghasilan tambahan, yakni menerjemahkan, pun berhasil saya kembangkan. Pada tahun 2014, saya menerjemahkan The Atlantis Gene untuk Fantasious, dan tahun 2015, saya menerjemahkan Inside the Box untuk Kepustakaan Populer Gramedia. Kedua buku tersebut masih dapat ditemukan di toko-toko buku terdekat atau dapat dipesan melalui situs belanja daring.

Sebagai pembaca, saya sangat menyukai genre fantasi dan fiksi ilmiah. Hal ini membuat saya bergabung dengan grup Kastil Fantasi, mengikuti berbagai aktivitas di dalamnya seperti ikut serta dalam banyak kegiatan cerpen bulanan, hingga diajak untuk membantu dalam kepenulisan cerita fantasi lokal seperti Mahadewi.

1 - 22

Saat ini, saya sedang bekerja di Perancis. Di kala senggang, saya menghabiskan waktu dengan jalan-jalan. Saya menaruh kisah-kisah perjalanan, pengalaman pribadi, dan opini-opini di sini. Silakan melihat-lihat, selamat membaca, dan jika ingin bertukar pendapat, silakan tinggalkan sepatah dua patah kata Anda di kotak komentar atau hubungi saya langsung via halaman ini.

Iklan

103 Comments

  1. aulia says

    saya sering baca blog kamu. bagus πŸ™‚
    sehari-hari banget.
    btw, kayanya suka banget ma foto itu
    dipake d sampul fb pula
    hehehe :p

  2. waaaahh ipb! πŸ˜€ salam kenal, saya angkatan 44 *angkatan plg tua yg msi berkeliaran di kampus -.-‘ kadri angkatan brp? hehehe *sok akrab

    suka luna di harpot? mmm pantesan namanya luna’s journal. kalo saya suka sm ron weasley 😳

    salam kenal yah :mrgreen:

    • Ahmad Alkadri says

      Ah nggak juga mbak, saya kenal angkatan 42 yang masih berkeliaran kok πŸ˜› Jangan khawatir, mbak bukan yang paling tua kokk :mrgreen:

      Saya sendiri angkatan 47, IPB, Fakultas Kehutanan, suka Harpot terutama buku 1, 3, dan 4. Mungkin bisa dijadikan bahan referensi mbak.. siapa tahu kita bisa sedikit menjalin kedekatan lebih jauh… #pedekatemodeON #plakplak πŸ˜›

      Iya mbak, salam kenal, makasih telah berkunjung :mrgreen:

  3. Dri …
    Saya datang kesini
    sepertinya ini kali pertama saya bertamu kesini (kalau ternyata sudah pernah … ya saya mohon maaf ya Dri …)

    Terus terang hati saya bergetar menatap lambang yang tersemat di jaket almamater itu …
    saya bergetar …

    Mungkin akan terdengar lebay dan berlebihan … tetapi memang begitulah yang saya rasa …
    Empat setengah tahun bukan waktu yang singkat untuk dilupakan …
    Saat saya memakai jaket serupa … puluhan tahun yang lalu

    Salam saya Dri …

    • Ahmad Alkadri says

      Terima kasih banyak om, sudah mau berkunjung balik ke sini… ya, salam dari saya dan sekali lagi terima kasih πŸ˜€

  4. kunjungaan baliiikkk….
    sekalian izin follow dan tukeran link sekalian..
    linknya dah aku pasang di blog…

    keep posting.. πŸ˜€

  5. Hai.. Halo.. Assalmualaikum
    Kunjungan Perdana nih.
    Wah kuliah di IPB toh. Deketan donk ya sama tempat tinggal Mr. N-ku *info gak penting #abaikan.
    Saya pikir Luna’s journal itu karena berhubungan dengan bulan *apa sih?*
    Salam Persahabatan πŸ™‚

    • Ahmad Alkadri says

      Wa’alaikum salam mbak… Waah deket sama tempat tinggalnya Mas Nazar? Hemm… di mana nih tepatnya mbak? :mrgreen: hkeke..
      Iya mbak, Luna itu bukan berhubungan dengan Luna, tapi berhubungan dengan Luna-nya Harry Potter. Hehe, agak aneh ya mbak? Nggak apalah #lhoh #membeladiri XD

      Salam persahabatan juga, terima kasih sudah berkunjung πŸ˜€

  6. tanya lagi,
    kenapa nama blogna: Luna?
    en, yang di poto itu siapa, dek? *hm… daripada berprasangka, lebih baik bertanya πŸ˜€

    • Ahmad Alkadri says

      Nama blognya Luna’s Journal karena Luna itu karakter favorit saya di serial Harry Potter πŸ˜› Dan yang ada di foto itu saya sama teman dekat saya, kami sama-sama menjadi KPK (kakak kelas yang tugasnya marah-marah di Ospek) pas MPKMB. πŸ˜€ Hehe, iya mbak, lebih baik bertanya daripada berprasangka yang nggak-nggak

  7. assalamu’alaykum.. kunjungan balik nih, dek.
    ~aiih.. masih 20 tahun.. muda sekali. *teringat masamasa muda (halah!)
    kuliah dijurusan apa Dek?

    # btw, nama panggilanmu tuh ahmad ato Kadri?

    • Ahmad Alkadri says

      Saya kuliah di jurusan Teknolog Hasil Hutan IPB mbak,, πŸ˜€ hkeke, saia memang masih muda kok #plakplakPLAK

      Nama panggilan saya Alkadri, teman-teman biasa memendekkannya dengan ‘Kadri’ aja.

    • Ahmad Alkadri says

      Iyap lagi semangat2nya… dan semoga bisa terus berlanjut sampai tua nanti :mrgreen: Sukses juga bang!

Ayo berkomentar... :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s