About

Bertahun-tahun silam, seorangย salesman datang ke rumah saya di Cilacap, Jawa Tengah, untuk menawarkan satu set ensiklopedia kepada orangtua saya. Kedatangannya bertepatan dengan mulainya saya bisa bicara, dan pada saat itu, sepanjang pengetahuan saya, keluarga kami seharusnya tidaklah cukup besar atau mapan untuk bisa memiliki dua puluh buku tersebut. Namun, orangtua saya tetap membelinya untuk saya, dan sejak saat itu, saya mulai rajin membaca.

God bless their soul, reading is still one of the most favorite activities of mine right now.

Pada tahun 2013, saya mencoba, untuk pertama kalinya, menerbitkan sebuah buku. Saya sudah pernah menulis berkali-kali sebelumnya, novel dan cerpen, dan saya sudah beberapa kali ikut serta dalam NaNoWriMo, tapi pada tahun itu, sekembalinya saya dari Praktik Kerja Lapang, dan menghadapi semester terakhir, dengan dihantui pemikiran bahwa mungkin kesempatan saya menggeluti hobi di bidang kepenulisan ini akan segera berakhir, saya pun mencoba menerbitkan novel tersebut. Bots, itulah judulnya. Saya mencetak dalam jumlah sangat terbatas di percetakan dekat kampus, dan tidak disangka-sangka, semuanya habis dalam waktu singkat berkat adanya teman-teman yang sangat mendukung saya. Kini, Bots dapat dibaca dengan gratis di Wattpad.

Kesuksesan kecil tersebut mendorong saya untuk terus menulis. Pada tahun 2013 juga, sebuah cerpen berhasil saya masukkan ke dalam kumcer Kata Mitos. Pada awal tahun 2014, satu cerpen saya berhasil lolos masuk ke kumcer Cannaregio, Valentine Berdarah Mercurio, yang diterbitkan secara mayor oleh DivaPress dan masih bisa dibeli di sini. Puncaknya, naskah novel horor yang saya tulis, Spora, diterima, diterbitkan, dan didistribusikan oleh Moka Media ke berbagai toko buku dan situs belanja daring.

Selain menulis, kegiatan kecil-kecilan yang saya lakukan sejak masih duduk di bangku kuliah guna mendulang penghasilan tambahan, yakni menerjemahkan, pun berhasil saya kembangkan. Pada tahun 2014, saya menerjemahkan The Atlantis Gene untuk Fantasious, dan tahun 2015, saya menerjemahkan Inside the Box untuk Kepustakaan Populer Gramedia. Kedua buku tersebut masih dapat ditemukan di toko-toko buku terdekat atau dapat dipesan melalui situs belanja daring.

Sebagai pembaca, saya sangat menyukai genre fantasi dan fiksi ilmiah. Hal ini membuat saya bergabung dengan grup Kastil Fantasi, mengikuti berbagai aktivitas di dalamnya seperti ikut serta dalam banyak kegiatan cerpen bulanan, hingga diajak untuk membantu dalam kepenulisan cerita fantasi lokal seperti Mahadewi.

1 - 22

Saat ini, saya sedang bekerja di Perancis. Di kala senggang, saya menghabiskan waktu dengan jalan-jalan. Saya menaruh kisah-kisah perjalanan, pengalaman pribadi, dan opini-opini di sini. Silakan melihat-lihat, selamat membaca, dan jika ingin bertukar pendapat, silakan tinggalkan sepatah dua patah kata Anda di kotak komentar atau hubungi saya langsung via halaman ini.

Iklan

103 Comments

    • Ahmad Alkadri says

      Salam kenal juga! Wah, suka alternative rock? Ada artis favorit ga? ๐Ÿ˜€

    • Ahmad Alkadri says

      Halohalo mbak… Silakan nongkrong di sini sepuasnya! Cuma maap, kopi, burjo, ama teh lagi kosong… jadinya nikmatin tulisan-tulisan aye aja ya mbak. Makasii :mrgreen:

    • Ahmad Alkadri says

      Halo Gita… Lama nggak bersua… ๐Ÿ˜€
      Kamu lagi di Cilacap kan sekarang?

      • Iya, lagi di Cilacap ๐Ÿ˜€ Tapi lebaran udah pergi lagi sih. Kamu di Cilacap? Udah nyobain Dafam? Hahah

      • Ahmad Alkadri says

        Belum, belum pernah ke Dafam, wkwk.
        Seminggu ini, sebelum lebaran, kosong ga? Main yuk sebelum balik.

      • Ahmad Alkadri says

        Ada Ferdina, ada Wisda, dan ada Teuku Faris sama Cut Farah (kenal ga? temen-temennya Ferdina tuh). As a matter of fact, ntar sore pada mau ngumpul di Gunung Simping buat buka puasa bareng. Mau ikutan ga? :mrgreen:

      • Yaah, anak SMP1 semua gitu -_____-. Bukan nggak kenal sih, tapi nggak enak ah…
        Yaudah lain kali aja mungkin dri ๐Ÿ™‚

      • Ahmad Alkadri says

        Oke ๐Ÿ™‚ Hmm… atau mau berdua aja? Kencan gitu? #eaa
        Jalan-jalan? Kamu di Cilacap kegiatan ngapain aja, sibuk ga?

      • Huahaha. Ada yang ngamuk nanti :))
        Nggak kok. Aku justru malas-malasan di Cilacap :”>
        Kalo udah di kampus lagi susah soalnya :p

      • Ahmad Alkadri says

        Wah, udah ga jomblo juga rupanya, wkwk :mrgreen:
        Lagi malas-malasan kan? Baguuus… hkeke…
        Kamu ada nomor hape ga? DM ke Twitterku dong, @alkadrii . Ini ngobrol di kolom komentar gini lama-lama rempong juga.

  1. krismariana says

    Wah suka Donald Bebek? Aku juga! ๐Ÿ™‚ Salam kenal ya.

Ayo berkomentar... :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s